Rabu, 12 November 2008

Pepes Jamur dan Telur

Karena kesempatan ke pasarnya cuma kalo pas weekend, makanya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hampir bisa dipastikan, sepulang dari pasar, keranjang belanjaan penuh dengan aneka sayuran buat stok seminggu, terutama untuk bahan-bahan yang agak aneh dan tidak biasa dibawa oleh tukan sayur keliling. Salah satunya jamur tiram ini.. salah satu bahan favorit di rumah kami selain jamur merang. Biasanya sih cuma ditumis aja.. tapi kali ini kok males ya.. Udah gitu, jamur ini kan gak tahan lama.. harus segera dimasak.. sementara sampai 2 hari ke depan, belum ada rencana bikin tumis. Akhirnya buka-buka buku resep aneka pepes, ketemulah resep ini... dan voilaaaa.... jadilah pepes jamur tiram... Puedesss.... Dimakan pake nasi anget-anget... hmmm... percayalah, sepiring tak kan pernah cukup... hehehe...


Resep aslinya diambil dari Buku Aneka Pepes nan Lezat terbitan Saji, tapi untuk kali ini saya modifikasi sesuai dengan bahan yang ada di kulkas saya...

PePEs jAmUR dAN tELuR
(Modified bY BunDA nISa)

Bahan:
100 gram Jamur merang, potong 2 bagian (saya gak pake)
75 gram jamur tiram (saya hampir 1/2 kilo)
2 helai bunga kecombarng (saya gak pake)
1 batang serai diambil putihnya, memarkan, iris
2 butir telur kocok lepas
50ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pake kara)
25 gram leunca (gak pake)
1 buah cabe hijau besar, iris serong
1 tangkai kemangi (saya 3 tangkai)
2 sdt garam; 1 sdt gula pasir
1 tangkai kucai, potong 2 cm (gak pake)
2 sdm minyak untuk menumis
7 lembar daun salam untuk alas (disesuaikan dengan jumlah bungkusannya)
daun pisang untuk membungkus
Tambahan saya: 3 buah tomat hijau, iris

Bumbu Halus:
4 buah cabe keriting (saya 5)
2 buah cabe besar (gak pake, diganti 5 buah cabe rawit)
1 buah tomat besar, iris
3 siung bawang putih (saya 4)
5 siung bawang merah (saya 6)
1/2 sdt terasi bakar
1/2 sdt merica

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bunga kecombrang dan serai sampai harum, angkat
Masukkan jamur merang dan jamur tiram, aduk rata
Tambahkan telur, santan, leunca, cabe hijau besar, daun kemangi, tomat hijau, garam, gula dan kucai
Ambil daun pisang, alasindengan selambar daun salam, beri adonan, bungkus tum, semat lidi
Kukus 20 menit sampai matang

Jadi dehhhh.....


Tidak ada komentar: